prinsip kualitas pelayanan jasa

Apa Saja yang Menjadi Prinsip Pada Kualitas Pelayanan Jasa ?

Gaya  manajemen dan lingkungan kondusif bagi organisasi jasa untuk menyempurnakan kualitasnya, organisasi tsb harus bisa menerapkan 6 prisip utama yang berlaku baik bagi perusahaan manufaktur maupun organisasi pelayanan.

Keenam prinsip tersebut menurut Walkin yang dikutif oleh Fandy Tjiptono adalah sebagai berikut:

Kepemimpinan

Strategi kualitas perusahaan harus merupakan inisiatif dan komitmen dari manajemen puncak. Manajemen puncak harus memimpin dan mengarahkan organisasinnya dalam upaya meningkatkan kinerja kualitas. Tanpa adanya kepemimpinan dari manajemen puncak, usaha peningkatan kualitas hanya akan berdampak kecil.

Pendidikan

Semua karyawan perusahaan mulai dari manajer puncak sampai karyawan opersional, wajib mendapatkan pendidikan mengenai kualitas. Aspek-aspek yang perlu mendapatkan penekanan dalam mendapatkan pendidikan tersebut antara lain konsep kualitas sebagai strategi bisnis. Alat dengan teknik implementasi strategi kualitas, dan peranan eksekutif dalam implementasi strategi kualitas.

Perencanaan Strategik

Proses perencanaan strategik harus mencakup pengukuran dan tujuan kualitas yang digunakan dalam mengarakan perusahaan untuk mencapai visi dan misinya.

Review

Proses review merupakan satu-satunya yang paling efektif bagi manajemen untuk meruba prilaku organisasional. Proses ini mengambarkan  mekanisme yang menjamin  adanya perhatian terus menerus terhadap upaya mewujudkan sasaran-sasaran kualitas.

Komunikasi

Implementasi strategi kualitas dalam organisasi, baik dengan karyawan, pelanggan, maupun stake holder (seperti pemasok, pemegang saham, pemerintah, masyarakat sekitar dan lainnya).

Total Humans Reward

Reward dan recongnition merupakan aspek krusial dalam mengimplementasi  strategi  kualitas.  Setiap  karyawan  berprestasi perlu  diberikan  imbalan  dan  prestasinya  harus  diakui.  Motivasi, semangat kerja, rasa bangga dan rasa memiliki (sense of belonging) setiap anggota organisasi dapat meningkat, yang pada gilirannya berkontribusi pada peningkatan produktifitas dan profibilitas bagi perusahaan, serta kepuasan dan loyalitas.

Keenam prinsip diatas sangat bermanfaat dalam membentuk dan mempertahankan lingkungan yang tepat untuk melaksanakan penyempurnaan kualitas secara berkesinambungan dengan di dukung oleh pemasok dan pelanggan.

sumber : https://thidiweb.com/dimensi-kualitas-jasa/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *